Klik Suka (◠‿◠) Thanks

Fakta Mengapa Jari Tangan dapat mengerut Jika kelamaan Kena Air



Kali ini Kita akan membahas soal Mengapa Jari-jari tangan kita suka mengerut kalau kelamaan di rendam dalam air atau terlalu lama mengerjakan sesuatu yang melibatkan air. Langsung saja, Jawaban cepat dan singkat nya adalah bahwa Air yang memiliki sifat membersihkan, Termasuk Cairan minyak yang Terdapat dalam Sekujur Tubuh dan Rambut kita Termasuk Jari Tangan. Tau Gak Sih semua fakta ini akan akan diungkap dalam artikel ini.

Ketika hal itu terjadi, maka bagian sel-sel kulit yng mati pada tangan anda akan menyerap air, yang mengebabkan sel-sel itu sendiri membengkak. Namun pada lapisan kulit tangan bagian dalam tidak ikut menyerap air, sehingga tidak membengkak.

Nah diantara lapisan Kulit yang membengkak dan tidak membengkak terjadilah sebuah gaya tarik menarik, yang menyebabkan setiap permukaan kulit yang sedang tarik menarik menjadi tidak seimbang, sehingga setiap ujung Jari menjadi Mengerut.


Itulah penjelasan singkat mengenai Fakta pengerutan jari. Belum puas dengan penjelasan singkat diatas? Berikut ini adalah penjelasan lebih mendetail nya.

Secara teknis, Kulit kita mengandung Zat lilin yang dikeluarkan dari kelenjar sebaceous yang disebut "sebum". Dalam kelenjar, sebum diproduksi dalam sel khusus dan kemudian disekresikan ketika sel-sel ini meledak. Sel ini sendiri memiliki fungsi ganda yaitu untuk menjaga kelembaban kulit dan rambut kita, sehingga terhindar dari kekeringan dan pecah-pecah.

Kamu juga mungkin bertanya, mengapa pengerutan pada jari tangan selalu lebih cepat dari pada pengerutan di jari maupun telapak kaki? Namun ketika kaki juga mengerut itu akan lebih besar dan lebih terasa kerutannya. Itu dikarenakan lapisan terluar kulit, (Epidemis) mengandung Protein yang disebut “Keratin” yang berfungsi memperkuat kulit terluar kita. Sel keratin yang Mati juga membentuk lapisan permukaan, yang disebut stratum korneum. Dan dilapisan terluar nya lah terletak sebum yang melembabkan semua lapisan.


Ketika sekali saja kita membasuh tangan dengan Air, maka sebagian besar ataupun seluruh Sebum yang terdapat di kulit kita akan jatuh, sehingga sel-sel keratin yang mati akan menyerap air seperti spons dan membengkak. Inilah salah satu sebabnya mengapa kulit Anda jauh lebih mudah terluka ketika basah kuyup, karena Lapisan luar yang kuat dari sel-sel keratin mati kehilangan beberapa pertahanan dan kekuatan ketika basah kuyup.

Sementara alasan Mengapa jari-jari kaki mendapatkan lebih banyak keriput adalah bahwa mereka mengandung lebih banyak lapisan tebal baik yang hidup dan sel-sel keratin mati dibandingkan bagian tubuh yang lain. Hal ini menyebabkan mereka membengkak dan lebih terasa kasar.

1 comment

3 Januari 2013 08.04

Izin copas

nomor2.blogspot.com

Posting Komentar - Back to Content