Klik Suka (◠‿◠) Thanks

Lima Dampak Negatif Kurang Tidur Terhadap Kesehatan


Hai kawan berjuampa lagi ya denganku (^_^) . kali ini aku mau share tentang Lima Dampak Negatif Kurang Tidur Terhadap Kesehatan Baca Langsung Aja Ya


Berikut lima dampak negatif kurang tidur terhadap kesehatan, seperti dilansir Prevention.com. :

1.Penyakit kardiovaskuler
Sebuah studi pada 2010 yang dipublikasikan jurnal Sleep,
peneliti menemukan partisipan yang tidur kurang dari tujuh jam semalam memiliki peningkatan risiko penyakit jantung. Bahkan, bagi wanita yang berusia di bawah 60 tahun dan tidur lima jam atau kurang dalam semalam memiliki risiko dua kali lipat mengalami penyakit jantung.

Peneliti asal Sekolah Kedokteran Universitas West Virginia itu mereview data dari 30.397 orang yang berpartisipasi dalam National Health Interview Study pada tahun 2005.

2.Diabetes
Menurut sebuah studi dalam jurnal Diabetes tahun 2011, Universitas Chicago dan Universitas Northwestern menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang kurang tidur di malam hari mengalami peningkatan kadar glukosa sembilan persen lebih tinggi. Bahkan, tingkat insulin meningkat menjadi 30 persen lebih tinggi, dan tingkat resistensi insulin 43 persen lebih tinggi.
Penderita diabetes dengan insomnia bahkan kondisinya lebih buruk, tingkat glukosanya bisa 23 persen lebih tinggi, tingkat insulinnya 48 persen lebih tinggi dan tingkat resistensi insulinnya 82 persen lebih tinggi daripada penderita diabetes yang tidak memiliki insomnia.

3.Kanker payudara
Peneliti di Pascasarjana Sekolah Kedokteran Universitas Tohoku di Sendai, Jepang telah mempelajari hampir 24.000 wanita berusia 40-79 tahun.
Peneliti menemukan bahwa wanita yang tidur kurang dari enam jam semalam memiliki risiko terserang kanker payudara 62 persen lebih tinggi, sementara yang tidur kurang dari sembilan jam semalam memiliki risiko 28 persen lebih rendah.

4.Kanker usus besar
Sebuah studi pada 1.240 orang yang dipublikasikan pada 2011, peneliti dari Universitas Case Western menemukan orang yang tidur kurang dari enam jam semalam 47 persen lebih berisiko memiliki polip kolorektal, yang bisa menjadi kanker, daripada orang-orang yang memiliki jam tidur setidaknya tujuh jam.

5.Kematian
Sebuah studi yang dilakukan selama 10 tahun pada sekitar 16.000 orang oleh peneliti di Universitas Kopenhagen menghubungkan antara kurang tidur dan risiko kematian. Ternyata para pria yang dilaporkan memiliki kebiasaan tidur yang buruk, terutama yang berusia di bawah 45 tahun, memiliki risiko kematian dua kali lipat daripada pria yang tidurnya baik.
Sementara pria yang memiliki gangguan tidur lebih dari tiga kali dalam semalam memiliki risiko bunuh diri lima kali lipat daripada pria yang tidurnya tidak terganggu.

Posting Komentar - Back to Content